Salah satu cara memeriahkan Ramadan dengan menyusun strategi campaign untuk menarik calon pelanggan potensial. Tentu saja, campaign menarik tak hanya meningkatkan brand awareness bisnis, tetapi juga penjualan. Nah, bulan Ramadan ini dapat kamu manfaatkan untuk menambah keduanya melalui berbagai ide campaign menarik di bulan Ramadan.
Kamu bisa membuat campaign bulan Ramadan melalui beberapa platform, seperti Instagram, Whatsapp, Email, hingga SMS. Kamu bisa lihat beberapa contoh campaign menarik dari berbagai brand berikut ini.
Apa itu Campaign Marketing?
Campaign marketing adalah strategi khusus yang disusun untuk mempromosikan produk atau jasa dari sebuah brand dengan tujuan tertentu. Dengan campaign marketing ini, brand dapat mempromosikan produknya ke berbagai media.
Beberapa media untuk mempromosikannya seperti, TV, radio, media sosial, hingga platform komunikasi (Whatsapp, Email, dan SMS). Channel-channel yang dipilih sebagai media campaign biasanya banyak digunakan oleh para pelanggan, sehingga berpotensi meningkatkan conversion rate dari perusahaan.
Contoh Campaign Ramadan Menarik
1. Starbucks Iftar Treat
Coffee shop terbesar yang ada di Indonesia, Starbucks membuat ide campaign menarik selama bulan Ramadan untuk para pelanggannya. Mengetahui hanya sedikit pelanggan yang akan membeli minuman pada pagi dan siang hari karena berpuasa, Starbucks menawarkan promo yang dapat dibeli menjelang berbuka, lengkap berupa makanan dan minuman.
Campaign seperti ini berpotensi meningkatkan revenue Starbucks di bulan Ramadan. Tak hanya itu, Starbucks selalu menggunakan caption untuk mengajak pelanggan berbuka di store mereka.
2. Tiket.com THR (Tiket Hari Raya)
Memanfaatkan budaya familiar yang ada di Indonesia pada bulan puasa, yakni THR. Campaign dari Tiket.com sekaligus kembali mengingatkan pada budaya mudik masyarakat karena mengajak penggunanya untuk membeli Tiket Hari Raya di platform mereka. Memberikan kesempatan untuk para pelanggan berkumpul bersama keluarganya di momen Lebaran mendatang.
Pada destinasi khusus, seperti Surabaya, Padang, Yogyakarta, Pekanbaru, Medan, dan 10 destinasi lainnya terdapat harga eksklusif yang lebih murah. Destinasi-destinasi tersebut juga dianggap sebagai tujuan dimana pemudik paling banyak.
3. Ancol Tiket Gratis
Memberikan promo untuk meningkatkan kebersamaan di bulan Ramadan, Ancol secara eksklusif menawarkan tiket gratis pada jam tertentu yang dapat diklaim pengguna selama periode berlangsung. Tiket masuk gratis ini akan meningkatkan jumlah pengunjung yang datang khususnya menjelang buka puasa.
4. McDonald’s Free Takjil
Free takjil kerap menjadi pilihan campaign bagi beberapa brand. Salah satunya ialah brand fast food ternama, McDonald’s yang memberikan takjil gratis kepada para pembeli yang melakukan transaksi menjelang waktu berbuka.
5. Shopee Big Ramadan Sale
Campaign yang satu ini memberikan periode khusus sehingga pelanggan harus ikut serta untuk mendapatkan promo besar-besaran dari Shopee. Salah satu yang ditawarkan ialah potongan ongkos kirim menggiurkan dengan nilai Rp40 ribu yang akan menguntungkan pelanggan dengan domisili luar pulau.
6. OCA Indonesia KURMA 2024

OCA Indonesia tak ketinggalan dalam memberikan campaign Ramadan kepada para pelanggan. Ide campaign dari OCA Indonesia sendiri dengan memberikan diskon khusus selama periode tertentu. Para pelanggan berhak mendapatkan diskon 12% dengan memasukkan kode voucher KURMAOCA ketika melakukan pembelian di website. Selain diskon, OCA juga memberikan kuota gratis senilai Rp25.000 dengan minimum transaksi Rp1.000.000.
7. Telkomsel #NyalakanKebersamaan
Memanfaatkan momen selesainya pandemi, Telkomsel membuat ide campaign kreatif dengan tema #NyalakanKebersamaan. Dalam upaya merayakan kebersamaan dengan orang terdekat di bulan Ramadan, Telkomsel menawarkan berbagai paket internet spesial yang akan menghubungkan kamu dengan keluarga. Ada tawaran khusus juga untuk penukaran Telkomsel Poin, paket hiburan di bulan Ramadan, hingga kerja sama Telkomsel dengan merchant lain.
8. Bank Mandiri, Ramadan Gak Ribet dengan Diskon
Bank Mandiri melalui campaign “Ramadan Gak Ribet” menawarkan berbagai promo diskon yang dapat digunakan seluruh nasabahnya selama bulan Ramadan. Bank Mandiri ingin menyuarakan kemudahan kepada pelanggannya lewat produk-produk seperti QRIS Livin’, Kartu Debit, dan Kartu Kredit Mandiri. Sehingga para pelanggan lebih mudah ketika ingin membayar buka bersama, belanja bulanan, ataupun mudik.
9. BlueBird Group, Trip Promo
Banyak orang bepergian selama bulan Ramadan ke berbagai acara Bukber, pergi kantor, hingga mudik lebaran menggunakan transportasi umum. Blue Bird dalam campaign Ramadan ini memberikan berbagai promo dalam setiap perjalananmu. Pakai taksi lebih aman tanpa takut menguras dompet. Yap, itulah yang ingin diberikan Blue Bird Group untuk menarik para pelanggan!
Itu dia 9 contoh campaign Ramadan yang bisa kamu contoh untuk brandmu. Pastikan dalam menyusun ide campaign ini, kamu harus menentukan tujuannya terlebih dahulu. Kamu bisa loh buat campaign dengan mudah menggunakan OCA Blast. Jadi, campaign dapat disesuaikan dengan goal yang ingin dicapai. Selamat mencoba!