Hari penting yang perlu diingat marketers Indonesia adalah hari Kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Berbagai macam strategi marketing dijalankan, termasuk dengan memberikan promosi besar-besaran kepada pelanggan. Tak hanya itu, terdapat lomba hingga giveaway menarik yang mengundang leads baru. Masih belum kepikiran mengenai ide promosi 17 Agustus di tahun ini? Kamu bisa mencontoh 8 ide promosi berikut untuk diaplikasikan ke dalam strategi marketing seasonal dalam rangka promo kemerdekaan.
Ide Promosi 17 Agustus 2023
1. Bundling Package
Rekomendasi ide promosi 17 Agustus pertama yang dapat kamu aplikasikan adalah membuat bundling package. Bundling package merupakan penggabungan beberapa produk sekaligus dan menjualnya sebagai satu unit. Terdapat berbagai macam tipe bundling package yang bisa kamu pilih sebagai ide promosi.
- Pure Bundling: Gabungan dua atau lebih produk yang tidak dapat dibeli secara terpisah. Dalam artian, pure bundling ini merupakan produk disusun menjadi satu paket. Apabila pelanggan hanya ingin membeli produk tersebut, harus membeli seluruh produk yang sudah disediakan di dalam paket karena brand/perusahaan tidak menyediakan produk terpisah.
- Mixed Bundling: Dibuat berdasarkan rincian pesanan sebelumnya, mixed bundling merupakan produk gabungan yang dapat dibeli terpisah. Namun, apabila pelanggan ingin membeli dua atau lebih produk bundling yang dapat digunakan secara bersamaan, maka harganya akan lebih murah dibandingkan membeli satuan.
- Same Product Bundling: Pelanggan terkadang membutuhkan lebih dari satu produk yang sama baik sebagai stok. Oleh karena itu, beberapa brand menyediakan same product bundling, di mana terdapat lebih dari satu kuantitas produk yang sama. Harga yang ditawarkan atas bundling ini pun biasanya akan lebih murah dibandingkan membeli satu produk saja.
- Gifting Bundling: Bundling berhadiah atau dikenal dengan gifting bundling merupakan strategi promosi yang dapat kamu aplikasikan dalam promo kemerdekaan. Gifting bundling dapat berupa kemasan spesial, merchandise eksklusif, ataupun voucher setiap pembelian bundling yang telah ditentukan.
Merdeka Deals dari Kabobs merupakan promosi 17 Agustus dalam bentuk bundling yang dapat kamu jadikan contoh dalam membuat promo kemerdekaan. Menggunakan tipe bundling Mixed Bundling, Kabobs menawarkan paket makanan dan minuman yang saling melengkapi. Tentunya dengan harga lebih terjangkau dibandingkan membelinya secara satuan.
2. Harga Spesial
Mengatur harga spesial menjadi salah satu trik promosi 17 Agustus yang sudah tidak asing dilakukan berbagai brand. Biasanya harga yang diatur menyesuaikan dengan tanggal kemerdekaan atau usia kemerdekaan Indonesia. Harga-harga yang kerap digunakan seperti Rp17.000, Rp19.000, Rp45.000, ataupun Rp78.000 karena tahun ini merupakan hari kemerdekaan ke-78 Indonesia. Contohnya seperti Fruitywax yang menggunakan harga spesial Rp78.000 untuk salah satu treatmentnya hanya khusus pada hari kemerdekaan.
3. Top Spender
Memberikan promosi yang menguntungkan brand dan pelanggan? Kamu bisa memberikan program top spender saat bulan kemerdekaan. Top spender adalah strategi promosi dengan memberikan hadiah kepada pengguna dengan nominal pemesanan tertinggi. Contohnya seperti event campaign dari Gojek yang dapat meningkatkan revenue dengan memberikan hadiah fantastis kepada pemenang.
4. Diskon Besar-Besaran
Diskon sebagai bagian dari promosi tak dapat dihindari. Membuat promosi diskon menciptakan urgensi kepada pembeli untuk melakukan pembelian segera. Mengingat momen 17 Agustus hanya ada satu kali setiap tahunnya, diskon besar-besaran ini menciptakan urgensi. Orang-orang lebih memilih terpaksa membeli dibandingkan menyesal tidak membeli barang tersebut. Oleh karena itu, diskon besar-besaran menjadi salah satu ide promosi 17 Agustus yang menarik untuk diaplikasikan ke dalam bisnis.
5. Buy 1 Get 1 (BOGO)
Jenis promosi lainnya yang diminati oleh pelanggan di momen 17 Agustus ini adalah Buy 1 Get 1 (BOGO). Ide promosi ini dapat kamu tiru untuk membuat promo kemerdekaan. Dengan promo buy 1 get 1 ini, saat pelanggan membeli satu produk maka akan mendapatkan 1 produk lainnya secara gratis. Produk yang diberikan secara gratis pada umumnya memiliki harga lebih rendah ataupun setara. Banyak tujuan dari diadakannya produk buy 1 get 1 ini, seperti meningkatkan revenue sementara, memperkenalkan produk baru, hingga menghabiskan stok. Mirip dengan diskon besar-besaran, kamu bisa menerapkan urgensi agar calon pembeli segera melakukan pembelian dengan menuliskan “Hanya berlaku pada tanggal 17 Agustus”.
6. Lomba Kemerdekaan
Hari kemerdekaan identik dengan lomba yang juga bisa kamu aplikasikan sebagai ide promosi. Kamu bisa nama-nama lomba tradisional seperti Panjat Pinang, Balap Karung, Makan Krupuk, dan lainnya sebagai materi promosi. Contohnya, OCA Indonesia yang mengadakan Lomba Panjat Pinang berhadiah untuk para pelanggannya dengan cara mengumpulkan poin saat transaksi.
7. Games Berhadiah
Mengadakan games berhadiah untuk para pelanggan setia juga menarik sekaligus bisa meningkatkan engagement di media sosial. Kamu bisa mencontoh games teka-teki berhadiah seperti milik BSI di atas. Buat juga pertanyaan yang berhubungan dengan produk milikmu sehingga bisa menjadi wadah untuk meningkatkan produk knowledge kepada pelanggan.
9. Tebus Murah
Tebus murah merupakan ide promosi yang mengharuskan pelanggan untuk melakukan transaksi dalam jumlah yang telah ditentukan agar bisa melakukan pembelian atas produk dengan harga spesial yang lebih murah. Ide promosi ini banyak dipraktikkan di mini market atau super market. Di momen perayaan 17 Agustus ini, kamu juga bisa loh mengimplementasikan sebagai ide promosi 17-an. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan revenue karena pelanggan harus memenuhi jumlah tertentu untuk mendapatkan harga promosi.
Kirim Informasi Promo Lebih Personal dengan OCA Blast
Promo dapat terlaksana dengan baik apabila pelanggan mengetahui informasi tersebut. Kini, kamu dapat mengirimkan promosi kepada jutaan pelanggan terdaftar hanya dalam sekali klik menggunakan OCA Blast. Promosi bisa dikirimkan lebih personal, berdasarkan channel yang paling banyak digunakan oleh pelanggan. Tunggu apalagi? Yuk kirimkan promosi 17 Agustus kamu dengan lebih efektif dan efisien dengan OCA Blast.