WhatsApp resmi mengumumkan fitur WhatsApp Channel atau Saluran WhatsApp di lebih dari 150 negara. Fitur baru WhatsApp ini memungkinkan admin dari ribuan organisasi, tim olahraga, artis, dan pemimpin pemikiran yang dapat diikuti orang-orang melalui WhatsApp. Di Indonesia sendiri, fitur ini cukup dikenal dan banyak dimanfaatkan oleh beberapa influencer untuk berkomunikasi langsung dengan para pengikutnya secara satu arah. Namun, tidak hanya influencer yang bisa memanfaatkan fitur Saluran WhatsApp, bisnis berpeluang besar untuk berinteraksi dengan audiens menggunakan fitur baru WA. Artikel OCA berikut ini akan mengupas tuntas tentang apa itu Saluran WhatsApp dan bagaimana penggunaan untuk bisnis!
Apa itu WhatsApp Channel atau Saluran WhatsApp?
WhatsApp Channel atau Saluran WhatsApp adalah fitur komunikasi satu arah yang dikelola admin untuk mengirimkan pesan kepada pengikut atau audiens tanpa menerima balasan. Mirip dengan siaran di Instagram Channel, pemilik saluran atau admin yang ditunjuk memiliki kendali penuh atas konten yang dibagikan. Sementara itu, audiens hanya bisa melihat dan merespon dengan emoji pada setiap informasi yang disajikan.
Fitur ini ideal untuk membagikan informasi penting, pembaruan, promosi, hingga pengumuman tanpa harus merasa kewalahan dalam membalas pesan individu. Pemilik channel dapat memanfaatkan fitur Saluran WA untuk mengirimkan pesan teks, gambar, video, hingga tautan.

Para pengguna WhatsApp dapat mencari, mengakses, dan bergabung di dalam channel yang sesuai dengan minat mereka. Ada lebih dari ribuan WhatsApp Channel yang dapat ditemukan di bagian Pembaruan atau Updates. Informasi ini dapat kamu temukan di bawah Status WhatsApp kontak lain. Kamu dapat mengeksplor channel Paling Aktif, Populer, Baru, dan channel berdasarkan Negara.
WhatsApp dengan fitur WhatsApp Channel milik mereka menjunjung tinggi privasi para penggunanya. Bersifat satu arah, fitur baru WA ini mendukung pesan enkripsi end-to-end. Admin saluran sebagai pemilik channel tidak akan bisa melihat informasi seperti foto profil dan nomor telepon dari pengikutnya, begitupun sebaliknya. Selain itu, WhatsApp hanya akan menyimpan informasi di dalam saluran selama 30 hari ke belakang. Lebih dari itu, pesan akan otomatis terhapus. Implementasi penjagaan privasi dari fitur baru WA yang satu ini pun didukung dengan pemblokiran screenshoot yang dilakukan pengikut apabila admin memang tidak menyetujuinya. Jadi, hanya pengikutlah yang benar-benar bisa melihat pesan dan menyaksikan konten eksklusif yang diberikan oleh channel pilihan mereka.
Kenapa Bisnis Harus Menggunakan Saluran WhatsApp?
Fitur baru WA yang satu ini cocok digunakan oleh organisasi, bisnis, ataupun tokoh manapun yang memiliki banyak audiens. Bagi kamu pemilik bisnis, mengaktifkan fitur Saluran WhatsApp dapat memberikan berbagai keuntungan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisnis perlu mempertimbangkan penggunaan WhatsApp channel sebagai salah satu strategi komunikasi mereka.
Komunikasi Lebih Efisien
Saluran WhatsApp memungkinkan bisnis menyampaikan informasi secara cepat dan efisien ke ribuan pelanggan mereka. Apabila ada promosi besar-besaran, informasi bisa langsung tersampaikan ke seluruh pelanggan bisnis. Kamu pun tidak perlu merespons satu per satu pesan dari pelanggan, hal ini akan menghemat waktu.
Membangun Loyalitas Pelanggan
Layaknya konten dari idola mereka yang sedang membangun kedekatan, menggunakan WhatsApp channel berpotensi membangun loyalitas lewat hubungan dengan pelanggan. Memberikan konten yang relevan dan informatif membuat pelanggan kamu merasa lebih dihargai. Sementara itu, untuk membangun loyalitas pelanggan kamu bisa memberikan promosi eksklusif kepada para pengikut channel WhatsApp bisnismu. Jadikan mereka melakukan pembelian berulang.
Mendorong Engagement Lebih Tinggi
Perlu diketahui bahwa fitur WhatsApp satu ini bersifat satu arah. Lalu, bagaimana bisa mendorong engagement lebih tinggi? Konten yang menarik seperti promosi terbatas, peluncuran produk baru, ataupun undangan acara eksklusif dari brand dapat menciptakan engagement yang lebih tinggi meski melalui broadcast satu arah.
Menjaga Privasi Pengguna Lainnya
Saluran WhatsApp menjaga privasi antara admin dan pengikutnya. Pengguna tidak dapat melihat nomor telepon satu sama lain, sehingga keamanan data tetap terjaga baik bagi bisnis (admin saluran) ataupun para pengikut mereka.
Jangkauan Semakin Luas
Bisnis dapat memperluas jangkauan komunikasi tanpa harus menambah beban operasional, bahkan di seluruh dunia. Dengan fitur ini, kamu tidak mendapatkan batasan jumlah pengikut dalam Saluran WhatsApp. Hal ini memungkinkan bisnis menjangkau audiens mereka dalam skala besar.
Perbedaan WhatsApp Channels dan WhatsApp Community
Sama-sama memiliki admin, apa bedanya WhatsApp Channel dan WhatsApp Community yang sebelumnya telah dibahas OCA? Berikut tabel perbedaannya!
Aspek | WhatsApp Channel | WhatsApp Community |
Fungsi Utama | Komunikasi satu arah dari admin ke pengikut | Komunikasi lebih terstruktur dengan beberapa grup dalam satu komunitas |
Interaksi | Hanya admin yang dapat mengirim pesan | Anggota dalam grup yang sama dapat saling berinteraksi |
Kegunaan untuk Bisnis | Cocok untuk membagikan informasi massal, promosi, atau pengumuman tanpa balasan | Dipakai untuk mengelola grup dalam komunitas besar |
Akses Pengguna | Pengguna mengikuti saluran tanpa bisa saling mengetahui pengikut lain | Anggota komunitas dalam grup yang sama dapat melihat informasi anggota lainnya |
Privasi Nomor Telepon | Pengikut dan admin tidak dapat saling melihat informasi nomor | Nomor telepon dapat dilihat jika dalam grup yang sama |
Jenis Konten | Pesan teks, gambar, video, dan tautan yang bersifat satu arah | Mendukung diskusi antar anggota, berbagi file, media, dan informasi konten dua arah |
Skala | Tidak memiliki batasan jumlah pengikut | Tarbatas hanya untuk 1024 anggota dalam satu komunitas |
Pengelolaan | Dikelola admin tanpa perlu interaksi aktif dari pengikut mereka | Dikelola admin dan moderator untuk memastikan aktivitas di tiap grup komunitas berjalan lancar |
Cara Membuat Saluran di WA untuk Bisnis
Buat saluran di WhatsApp untuk membagikan pembaruan dan informasi kepada pengikut kamu saat ini, serta terhubung dengan pengikut baru. Berikut cara membuat saluran di WA untuk bisnis:
- Pergi ke Tab Updates atau Pembaruan di Aplikasi WhatsApp
- Klik tanda + dan pilih Buat Saluran
- Tambahkan nama saluran untuk menyelesaikan proses membuat saluran. Anda dapat mengubah nama saluran kapan saja.
- Tambahkan deskripsi dan ikon saluran
- Pilih Buat Saluran dan selesai
Kamu bisa mengundang hingga 16 admin untuk mengelola saluran dan mengirimkan pesan ke seluruh pengikut. Selain itu, Admin saluran dapat mengelola info dan pengaturan saluran, serta membuat, mengedit, dan menghapus info saluran.
Tips Sukses Kelola Saluran WhatsApp untuk Bisnis
Supaya penggunaan saluran WhatsApp dapat memberikan dampak positif bagi bisnis, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:
- Konsisten dalam Mengirimkan Konten: Pastikan kamu memiliki jadwal pengiriman konten yang konsisten supaya audiens bisa merespon dengan baik setiap pesan yang dikirimkan dari WhatsApp channel bisnismu.
- Gunakan Konten Visual: Manfaatkan gambar atau video untuk membuat pesan lebih menarik. Studi menunjukkan bahwa konten visual memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dibandingkan teks saja.
- Berikan Penawaran Eksklusif: Ciptakan rasa urgensi dengan memberikan penawaran eksklusif atau informasi terbatas kepada pengikut saluran kamu. Hal ini dapat memicu mereka untuk tetap mengikuti dan terlibat dengan bisnis.
- Tetap Autentik: Seperti influencer yang menjaga hubungan personal dengan pengikutnya, bisnis juga perlu menjaga sentuhan personal dan autentik dalam komunikasi melalui saluran.
WhatsApp Channel vs WhatsApp Blast. Mana Paling Cocok?
Walaupun Saluran WhatsApp sangat menarik untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Ada beberapa alasan platform blast lebih unggul dari WhatsApp channel, terutama bagi bisnis yang menargetkan pemasaran atau komuniasi dinamis. Berikut beberapa alasannya:
- WhatsApp Blast mendukung interaksi dua arah antara bisnis dan pelanggan
- Mendorong personalisasi pesan melalui segmentasi audiens pelanggan sehingga pesan lebih relevan
- Platform WhatsApp Blast mendukung otomatisasi dan integrasi dengan sistem CRM, chatbot, ataupun tool pemasaran lainnya
- Aplikasi Blast dilengkapi dengan tools analitik yang lengkap, memungkinkan pelacakan dari setiap campaign atau pesan promosi yang dikirimkan
- Bisnis lebih fleksibel dalam menyusun konten, mengirimkan pesan berbentuk teks, gambar, video, atau dokumen lain
- Fleksibilitas lebih tinggi karena dapat digunakan untuk menjangkau audiens secara langsung melalui pesan pribadi yang lebih intim. Ini memberikan kesempatan bagi bisnis untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
Gunakan platform WhatsApp Blast seperti OCA Blast yang mendukung bisnis melakukan interaksi dua arah serta personalisasi kepada setiap pelanggan mereka. Tool blast satu ini dilengkapi dengan fitur, seperti template, scheduling, contact group, serta laporan analitik. Tingkatkan komunikasi bisnis dengan pelangganmu sekarang. Klik informasi selanjutnya di bawah inI!