8 Jenis Email Marketing Yang Harus Anda Tahu

Saat ini, sudah ada banyak para pebisnis mulai dari UMKM hingga perusahaan besar yang menerapkan strategi email marketing ini untuk keperluan promosi ataupun untuk menginformasikan produk terbaru mereka.

Tapi, tahukah Anda kalau email marketing ini sebenarnya memiliki banyak jenis dan juga fungsi yang berbeda-beda. Dibawah ini adalah beberapa jenis dan juga fungsi dari email marketing yang biasa digunakan.

Newsletter Email

jenis email marketing contoh
Contoh newsletter MOZ

Newsletter adalah sebuah email marketing yang dikirim untuk mempromosikan suatu produk atau jasa yang Anda miliki. Email newsletter ini memiliki 3 keunggulan, yaitu:

  • Dengan isi yang informatif dan juga bagus akan membuat email Anda dinilai positif oleh penerima email Anda.
  • Anda bisa membuat penerima email untuk mengunjungi website atau blog milik Anda dari link yang Anda buat dan taruh di email newsletter tersebut.
  • Dengan newsletter, Anda dapat memberikan infomrasi terupdate mengenai bisnis Anda, seperti promosi produk, event hari raya, diskon, produk terbaru dan lain sebagainya.

Email newsletter ini sangat cocok untuk digunakan bagi Anda yang baru mencoba layanan Email Blast atau Email marketing ini. Saat ini sudah ada banyak penyedia layanan Email Blast yang salah satunya adalah Telkom OCA. Telkom OCA menyediakan banyak sekali layanan yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis Anda, mulai dari WhatsApp Blast, Email Blast, IVR Blast dan lain sebagainya yang bisa Anda temukan di Telkom OCA.

Email Marketing Khusus

jenis email marketing contoh

Email marketing khusus adalah sebuah email marketing yang Anda buat sendiri. Biasanya email marketing khusus ini berisikan informasi tertentu. Email marketing khusus ini juga dapat Anda kirim sendiri menggunakan alamat email pribadi milik Anda. Isi dari email khusus ini biasanya berupa ajakan untuk bergabung dengan suatu komunitas atau memberikan penawaran khusus kepada salah satu konsumen bisnis Anda. Keunggulan email khusus ini adalah:

  • Anda bisa mengirimkan lebih banyak email dari layanan email marketing yang biasa Anda gunakan.
  • Anda juga dapat mengukur hasil dari email yang Anda kirim.

Kekurangan dari email ini adalah, tidak adanya otomatisasi dalam mengirimkan email dan biasanya cenderung akan dianggap sebagai SPAM oleh penerima email.

Email Follow-up

Event follow up email templates - LiveAgent

Email follow-up ini adalah email yang berisikan serangkaian informasi yang informatif yang dikirimkan kepada penerima email. Keunggulan dari email follow-up ini adalah email ini sangat diminati dan juga ditunggu karena biasanya email follow-up ini berisikan informasi yang mereka tunggu atau mereka butuhkan. Kekurangan dari email ini adalah, jika tidak diatur segmentasi atau target audiencenya maka para konsumen Anda bisa pergi atau lari dari bisnis Anda.

Untuk itu sangat diperlukan profilling konsumen yang baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diingkan seperti itu. Untuk melakukan profilling konsumen, Anda dapat menggunakan layanan OCA Profiling. OCA Profiling menawarkan kemudahan untuk Anda dalam menentukan target market atau audience yang Anda tuju berdasarkan demografik seperti umur, jenis kelamin, lokasi hingga kebiasaan mereka dalam menggunakan telepon dan juga internet.

Email Sponsorship

9 Steps To Maximize Your Sponsored Email Campaign

Email sponsorship adalah sebuah email yang dapat Anda coba ketika Anda ingin menjangkau konsumen yang baru. Untuk dapat menggunakan email sponsorship ini, Anda perlu mengeluarkan biaya agar email Anda bisa dimasukan kedalam dalam newsletter vendor lain. Anda sendiri juga bisa memilih vendor mana yang menurut Anda memiliki pelanggan yang potensial dan bagus untuk bisnis Anda. Dengan email sponsorship ini Anda bisa lebih spesifik dalam menentukan segmen mana yang ingin Anda jangkau.

Email Traksaksional

Transactional Email designs, themes, templates and downloadable graphic  elements on Dribbble

Email transaksional ini merupakan sebuah email yang didapat karena penerima email sudah melakukan sebuah transaksi pembelian suatu produk dari bisnis Anda. Jadi ketika pengguna mencoba untuk melakukan sebuah transaksi pada sebuah toko online, pengguna tersebut akan mendapat sebuah email yang berisikan informasi mengenai invoice/rincihan belanjanya seperti harga, produk yang dibeli, nama akun yang digunakan oleh pengguna dan lain sebagainya.

Penutup

Ada lebih banyak lagi jenis emai. Kamu bisa membedakan email dari tipenya, kegunaannya, tim yang mengirimnya, dan banyak lagi. Jika kamu ingin membuat template email kamu sendiri, coba buat menggunakan OCA dengan menekan tombol yang ada dibawah ini.

Ari Bayu Suryadinata
Written by
Arbay

Other than writing, I love game, music, movie, anime, coffee, dogs, book, and a good sleep

Baca konten lainnya