Meskipun COVID-19 membuat bisnis hotel & pariwisata terpuruk, tapi sekarang mereka yang bertahan bisa beradaptasi dengan baik dengan mengadopsi digitalisasi. Penggunaan chatbot dan WhatsApp adalah salah satu contoh digitalisasi yang bisa kamu contoh.
Sekarang wisatawan lebih berhati-hati daripada sebelumnya dalam melakukan perjalanan dan menginap di hotel. Mereka punya banyak pertanyaan sebelum bepergian untuk memastikan keamanan, kenyamanan, keselamatan dan tindakan pencegahan lainnya sebelum memesan apapun.
Dengan meningkatnya pertanyaan dan permintaan. Industri hotel harus bisa memberikan tanggapan yang cepat dan akurat setiap kali diminta tanpa membuang waktu calon tamu.
Masalahnya, banyak hotel yang beroperasi dengan pengurangan pekerja untuk tetap bertahan. Hoteliers harus mencari cara yang tepat untuk melayani wisatawan.

Oleh karena itu untuk membuat wisatawan dan tamu merasa aman, penyedia hotel perlu memperkuat komunikasi online mereka.
Jangan sampai hotel kamu kehilangan tamu potensial karena kesulitan menjawab pertanyaan yang datang terus-menerus, telat memberikan informasi pemesanan, dan gagal menyelesaikan masalah mereka.
Salah satu solusi yang cocok untuk menjawab tantangan ini adalah dengan menggunakan Chatbot WA untuk pemesanan hotel.
Apa itu Chatbot WhatsApp?
Chatbot WA adalah respons otomatis yang dihasilkan oleh WhatsApp dengan bantuan Artificial Intelligence. Orang-orang dapat mengirim pesan dengan chatbot WA seperti melakukan percakapan dengan orang asli.
Fitur-fitur chatbot WA memiliki banyak manfaat untuk efisiensi bisnis. Jika kamu mampu menggunakan fitur canggih chatbot di WA dengan jangkauan yang luas, manfaat bagi hotel kamu juga akan semakin besar!
Mengapa Hotel Perlu Menggunakan Chatbot WhatsApp?
Tidak hanya untuk merespons pesan otomatis. Chatbot WA memberikan banyak solusi bagi industri hotel.
1. Platform chat dengan pengguna paling banyak
Hotel kamu dapat terhubung dengan customer melalui WA yang sudah familiar oleh banyak orang. Soalnya, aplikasi WA adalah channel komunikasi terpopuler dengan angka pengguna terbesar di dunia.
Maka dari itu orang-orang bisa mengakses chatbot WA hotel dengan mudah. Selain itu kehadiran 24/7 dari kecerdasan buatan chatbot WA juga akan membantu hotel kamu dalam meningkatkan pengalaman tamu ketika booking penginapan.
2. Kerahasiaan pesan terjamin
Pesan yang dikirim melalui WA sudah terenkripsi, sehingga tamu hotel kamu dapat bebas mengirimkan dokumen identitas dan detail lainnya dalam melakukan pemesanan melalui WA.
Kamu juga dapat mempermudah customer yang ingin mengklaim pengembalian dana, pembatalan dan prosedur pemesanan yang dijanjikan secara cepat tanpa berpindah platform karena privasi terjaga.
3. Personalisasi
Chatbot WA bisa membuat komunikasi yang terpersonalisasi untuk setiap orang dan memprediksi rekomendasi penginapan yang cocok untuk kepuasan tamu.
Sebab chatbot WA hotel kamu bisa mengidentifikasi pesan yang diterima untuk mengenal siapa tamu, apa yang pernah dipesan sebelumnya, dan menggali semua preferensinya.
4. Melayani proses pemesanan dari awal check-in sampai check-out
Tamu bisa booking kamar secara online melalui ponsel mereka tanpa harus bertemu tatap muka dengan resepsionis hotel. Kamu juga bisa menyediakan semua informasi relevan tentang jenis kamar yang tersedia, harga per malam, layanan tambahan, dan kesiapan hotel untuk tamu yang memilih tanggal menginap juga masih banyak lagi yang bisa dilakukan chatbot.
5. Mengirim notifikasi dan peringatan
Orang-orang sibuk dengan kegiatannya masing-masing dan sangat mungkin melupakan kegiatan yang sudah mereka rencanakan di hotel. Ingatkan tamu untuk jadwal penginapan, penawaran menarik dan info-info penting lainnya.
Hal ini akan membantu kamu mendorong lebih banyak konversi dan menjaga hubungan yang sehat dengan tamu hotel setiap saat.
6. Mengumpulkan feedback
Biasanya orang mencari review online dari orang lain sebelum melakukan pemesanan. Maka dari itu kamu bisa dapatkan masukan, kritik, dan saran dari para tamu yang berharga untuk meningkatkan layanan hotel dan memastikan standar kualitas sudah sesuai.
Chatbot bisa mengumpulkan feedback dan testimonial lebih interaktif daripada menyuruh customer untuk mengisi lembaran survey yang panjang dan ketinggalan zaman.
Kamu juga bisa digitalisasi!
Bagaimana sahabat OCA, setelah memahami apa itu chatbot WA dan kegunaannya untuk industri hotel. Apakah kamu tertarik untuk mengimplementasikan chatbot ke WA bisnis kamu?
OCA bisa membantu kamu menyediakan solusi omnichannel communication dengan chatbot WA untuk membuat percakapan yang cerdas, terjangkau, dan mudah digunakan untuk layanan hotel.Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut, hubungi kami di sini atau ikuti kami di Instagram dan YouTube.