Cara Promosi Menggunakan SMS LBA

Blog

Saat mudik, banyak potensi kamu menggaet pelanggan baru, khususnya bagi pemilik bisnis restoran. Banyaknya pemudik sekaligus wisatawan yang ingin berwisata kuliner di daerahnya. Salah satu strategi promosi yang bisa digunakan oleh restoran ialah melalui SMS LBA. Pasti kamu pernah kan mendapatkan SMS promosi dari restoran tertentu. Di mana kamu perlu menunjukkan SMS tersebut untuk mendapatkan promonya. Nah, itulah yang disebut dengan SMS LBA. Yuk ketahui lebih lanjut mengenai SMS LBA lewat artikel berikut ini!

Apa itu SMS LBA?

SMS LBA

SMS LBA atau Location Based Advertising (LBA) adalah strategi pemasaran langsung dengan memanfaatkan perangkat seluler untuk menawarkan promosi kepada audiens yang berada di lokasi tertentu. Strategi pemasaran LBA ini biasanya memanfaatkan SMS untuk mengirimkan promosi kepada pelanggan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, SMS LBA memungkinkan pelanggan menerima pesan promosi berdasarkan lokasi geografis. Dengan SMS LBA, kamu tidak perlu mengirimkan pesan secara manual ke dalam nomor acak, tetapi SMS akan dikirimkan secara otomatis kepada pengguna yang berada di lokasi sekitar.

Keunggulan dari penggunaan SMS LBA ini, kamu bisa meminta atau merequest kriteria penerima pesan kepada operator, seperti usia, jenis kelamin, perilaku pembelian, tipe HP, tingkat pemakaian pulsa, dan lain-lain.

Jenis SMS LBA

Terdapat beberapa jenis LBA yang dapat kamu pilih berdasarkan cara penerbitannya agar target promosi lebih efektif dan efisien. Berikut beberapa jenis SMS LBA yang dapat kamu pilih:

1. Penargetan Hyper-Contextual

SMS LBA dengan penargetan hyper-contextual bertujuan untuk mendapatkan data relevan berdasarkan target konsumen. Data ini nantinya akan dipakai untuk mengirimkan pesan yang telah dipersonalisasi kepada konsumen potensial.

Hyper-contextual ini sering digunakan untuk promosi dengan tujuan meningkatkan conversions.

Penargetan hyper-contextual menggunakan pesan yang telah dipersonalisasi ke calon penerima, sehingga sangat relevan bagi yang menerimanya. Jenis SMS ini kerap dikirimkan di siang hari supaya tujuan lebih mudah tercapai.

2. Penargetan Geo-Aware

Memanfaatkan data dari penyedia layanan telekomunikasi (provider). Penargetan geo-aware menggunakan data lokasi real-time yang didapatkan dari provider. Pesan akan otomatis dikirimkan apabila target audiens berada dalam radius tertentu dari lokasi yang telah ditetapkan. Dengan begitu, SMS LBA menggunakan target geo-aware berpotensi meningkatkan penjualan. Calon pembeli akan dengan mudah menemukan toko karena lokasinya berada tidak jauh dari tempat mereka menerima pesan tersebut.

3. Penargetan Berdasarkan Lokasi atau Tempat

Kamu pasti pernah kan menerima promosi Beli 1 Gratis 1 via SMS saat memasuki sebuah mall? Promo-promo tersebut dikirimkan menggunakan SMS LBA dengan penargetan berdasarkan lokasi atau tempat. Kamu akan mendapatkan pesan apabila berada di lokasi spesifik, seperti dekat dengan toko kue, tempat kopi, atau toko lainnya yang telah mengatur mengirimkan promosi menggunakan SMS LBA ini.

4. Penargetan Geo-Fencing

Penargetan Geo-Fencing dalam SMS LBA memungkinkan bisnis kamu membidik target audiens potensial pada area tertentu. Area ini ditentukan berdasarkan informasi koordinat yang didapatkan dari ponsel audiens. Cara kerja geo-fencing dengan menetapkan radius supaya dapat membidik target audiens sekitar lokasi tersebut.

5. Penargetan Geo-Conquesting

Tak mau kehilangan pelanggan yang akan berkunjung ke bisnis kompetitor? Kamu bisa kirimkan SMS LBA dengan penargetan geo-conquesting kepada pelanggan. SMS LBA jenis ini akan bekerja apabila pelanggan mengunjungi toko kamu ataupun toko kompetitor. Apabila penawaran yang kamu berikan lebih unggul, tentu baik bagi bisnismu karena bisa meningkatkan penjualan. SMS LBA jenis ini juga memanfaatkan pola perilaku konsumen di waktu tepat lewat konten sehingga mempengaruhi keputusan mereka dalam membeli produk.

6. Penargetan Beacons

Cara kerja penargetan SMS LBA dengan Beacons hampir mirip seperti geo-fencing. Namun, Beacons akan menggunakan objek fisik berukuran kecil untuk mendeteksi keberadaan target audiens di lokasi yang telah ditentukan. Apabila objek fisik tersebut telah menangkap sinyal dari ponsel target audiens, pesan berisi promosi akan otomatis dan langsung dikirimkan ke ponsel tersebut.

Kenapa Bisnis Harus Menggunakan SMS LBA?

Pasti kamu berpikir kalau SMS jarang digunakan saat ini. Bahkan, tak ada yang melirik menu SMS layaknya sosial media di zaman sekarang. Namun, ada manfaat lain dari SMS LBA yang bisa meningkatkan keuntungan bisnismu seperti berikut ini.

1. Pesan Personalisasi

Mengirimkan pesan menggunakan SMS LBA berarti membuat konten iklan yang relevan dengan audiens di sekitar lokasi yang telah diatur. Itu berarti, target penerima pesan akan lebih sesuai dibandingkan beriklan di TV dan lain-lain.

2. Meningkatkan Traffic Bisnis

SMS LBA berpotensi meningkatkan traffic bisnis karena pelanggan akan menerima SMS promosi secara real-time sesuai dengan lokasi yang telah ditentukan. Target audiens pun akan lebih dinamis sesuai dengan lokasi dan diberikan di waktu yang tepat.

3. Meningkatkan Customer Experience

Konten yang relevan dengan target audiens akan meningkatkan pengalaman pelanggan itu sendiri. Pelanggan akan lebih mudah mendapatkan promosi yang relevan di lokasi dan waktu yang tepat. Kemudian, redeem promo dengan SMS LBA pun akan lebih mudah untuk dilakukan sehingga meningkatkan customer experience itu sendiri.

Kamu juga bisa memberikan promosi serupa yang mudah dinikmati pelanggan dengan menggunakan SMS LBA dari OCA Indonesia. Tingkatkan traffic bisnis dan revenue sekarang, yuk pakai SMS LBA dari OCA. Kamu dapat hubungi kontak di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut ya!

Meilila Syavira
Written by
Lila

Baca konten lainnya