5 Alasan Kenapa Chatbot itu Penting (1)

5 Alasan Kenapa Chatbot itu Penting

Kecepatan respon menjadi salah satu alasan kenapa chatbot itu penting dalam bisnis untuk melayani customer. Baik secara langsung atau tidak langsung, tiap customer menginginkan pelayanan yang cepat ketika ingin membeli sesuatu.

Dengan chatbot, merespon customer dalam waktu singkat akan mudah terwujud. Chatbot atau chat robot menggunakan artificial intellegence untuk menirukan percakapan manusia. Salah satu yang diprogram pada bot ialah FAQ yang mampu merespon segala pertanyaan customer dengan cepat.

Alasan Kenapa Chatbot itu Penting

Dari tingkatan UMKM hingga perusahaan besar, bot sangat berpengaruh untuk meningkatkan customer satisfaction sampai dengan marketing. Berikut beberapa alasan kenapa chatbot itu penting.

Memudahkan Segala Hal

Terdapat dua tipe pelanggan ketika mengunjungi situs web milikmu. Pertama, customer yang senang mengeksplor situs web serta produk. Kedua, pelanggan yang ingin mendapatkan setiap informasi dengan instan tanpa harus repot menjelajahi website. Untuk tipe pelanggan kedua, bot bisa sangat membantu mengarahkan customer ke halaman yang diinginkan. Hanya dengan satu kali klik, semua jadi lebih cepat dan mudah.

Siap Sedia 24 Jam

Karyawan yang bekerja lebih dari 8 jam berpotensi jadi kurang produktif. Alasan utamanya tentu karena kelelahan. Kalau kamu ingin membuka bisnis selama 24 jam, biasanya menggunakan sistem shifting yang membutuhkan banyak karyawan. Semenjak ada chatbot, kamu bisa menjalankan bisnis selama 24 jam tanpa merekrut banyak pegawai. Semua bisa dilakukan secara otomatis karena teknologi chatbot mampu diatur kesediannya selama 24 jam untuk melayani customer.

Alasan Kenapa Chatbot itu Penting

Membangun Kredibilitas Brand

Kredibilitas brand menjadi faktor seorang calon customer melirik produkmu. Manfaat dari kredibilitas pun bisa membangun kepercayaan konsumen, kepuasan pelanggan, ataupun loyalitas pelanggan dalam membeli produkmu. Kamu bisa, kok, membangun kredibilitas brand menggunakan chatbot. Misalnya, chatbot dapat menjadi media edukasi produk terhadap calon pembeli. Dampak yang diberikan pun akan lebih positif karena pelanggan akan merasa terbantu dengan adanya informasi yang diberikan oleh bot.

Meningkatkan Conversion Rate

Conversion rate adalah jumlah presentase pengunjung situs web yang melakukan tindakan berdasarkan tujuan bisnis, seperti melakukan pembelian. Dalam hal ini, bot bisa memudahkan pelanggan ketika ingin melakukan pembelian dengan mengarahkan langsung ke halaman yang ingin dituju, memberikan rekomendasi produk, notifikasi promosi, hingga tata cara pembelian.

Menghemat Keuangan

Menggunakan bot bisa memberikan perubahan signifikan terhadap keuangan perusahaan. Berdasarkan riset dari Juniper, teknologi ini dinilai mampu menghemat biaya hingga 8 miliar dollar per tahun. Biaya yang dihemat termasuk, SDM customer service, biaya infrastruktur, dan lain-lain.

Penutup

Melalui alasan di atas, chatbot penting digunakan karena mampu menyediakan layanan dengan lebih mudah dan cepat. Kepuasan pelanggan pun akan meningkat. Meski dengan kelebihan tersebut, kehadiran bot masih belum bisa menggantikan manusia sepenuhnya. Bot dan human agent merupakan dua hal yang bisa saling melengkapi. Kombinasi antara keduanya dapat meningkatkan layanan lewat real-time services kepada pelanggan.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *