Pernahkah kamu berpikir bagaimana chatbot bisa berkomunikasi dengan manusia tetapi sangat lancar? Seperti yang kita ketahui bahwa chatbot adalah robot yang diciptakan untuk berinteraksi dengan manusia melalui pesan teks atau suara. Namun, adanya chatbot conversation flow menciptakan komunikasi yang lebih seamless antara manusia dan bot.
Melalui artikel ini, OCA akan memberikan kamu informasi terkait “chatbot conversation flow” yang membuat komunikasi dengan bot terasa lancar layaknya manusia.
Mengapa pelanggan senang berinteraksi dengan chatbot?
Chatbot punya kelebihan yang membuat pelanggan senang berinteraksi dengan mereka. Pertama, kemudahan dalam menggunakan chatbot. Cukup klik kolom chat kemudian pelanggan akan menyampaikan apa yang mereka inginkan. Tidak perlu mengantre dan menunggu dalam waktu lama untuk mendapatkan respon. Chatbot mampu merespon keinginan pelanggan dalam waktu singkat.
Kemudian, tidak semua pelanggan mau berinteraksi langsung dengan human agent untuk mendapatkan informasi sederhana mengenai sebuah produk. Chatbot menjadi pilihan alternatif yang membantu menyelesaikan permasalahan pelanggan tanpa harus kontak langsung dengan human agent. Berinteraksi dengan chatbot tidak akan membuang waktu pelanggan karena prosesnya relatif cepat dan singkat. Disamping itu, chatbot bisa melayani ratusan pelanggan dalam waktu satu jam jauh lebih efektif dibandingkan dengan human agent.
Bagaimana membuat chatbot berinteraksi seperti manusia?

Chatbot atau chatter bot memang belum sepenuhnya mampu menggantikan manusia dalam memberikan pelayanan secara kompleks kepada pelanggan. Jika tidak diatur, interaksi antara chatbot dan menusia akan terkesan kaku. Berbeda ketika kamu mengatur percakapan menggunakan chatbot conversation flow, interaksi antara bot dan manusia akan terkesan lebih natural.
Definisi chatbot conversation flow
Chatbot conversation flow adalah struktur yang akan menentukan bagaimana percakapan tersebut akan berlangsung. Percakapan natural yang diatur dalam chatbot conversation flow ini akan mempengaruhi customer experience dalam berkomunikasi dengan lancar dan nyaman. Oleh karena itu, ketika membuat flow percakapan untuk chatbot kamu perlu mempertimbangkan pertanyaan dan respon, baik yang akan diberikan oleh chatbot ataupun yang berpotensi diajukan dari pelanggan.
Misalnya, ketika pelanggan menanyakan tentang pengiriman, chatbot dapat merespon dengan waktu operasional pengiriman, estimasi pengiriman, perhitungan ongkos kirim, hingga tracking barang. Setiap alurnya akan berisi node yang berperan untuk menampilkan, meminta, menerima, memproses, atau mentransfer informasi ke perangkat lain.
Step-by-step membuat chatbot conversation flow
Tidak ada pelanggan yang sabar ketika menghadapi chatbot jelek dan kaku. Interface percakapan antara chatbot dan pelanggan perlu dibuat semulus mungkin untuk memberikan experience terbaik saat pelanggan berkomunikasi. Menggunakan chatbot builder OCA AI, kamu dapat dengan mudah membuat chatbot conversation flow.
Buat percakapan semakin mulus, berikut step by step mengenai bagaimana kamu membentuk seamless conversation menggunakan chatbot conversation flow.
1. Tentukan tujuan chatbot
Masing-masing perusahaan pasti memiliki kebutuhan yang berbeda. Karena itu, langkah pertama dalam membuat chatbot conversation flow ialah dengan menentukan tujuan dari pembuatan bot itu sendiri. Kamu bisa pertimbangkan apa yang akan dilakukan oleh pelanggan terhadap chatbot. Menanyakan informasi produk, shipping, harga, proses pembelian, mengirimkan keluhan, dan lain-lain.
Sebagai contoh, apabila customer service kerap kali kewalahan untuk menangani pertanyaan repetitif pelanggan, kamu bisa mulai mempertimbangkan membuat chatbot khusus untuk customer service. Sehingga produktivitasnya tetap terjaga dalam menyelesaikan masalah kompleks yang dialami pelanggan. Sementara itu, chatbot dapat membantu menyelesaikan masalah simple seperti pertanyaan FAQ.
2. Buat karakteristik chatbot
Penggunaan bot tidak hanya membantu perusahaan menyediakan sistem komunikasi yang lebih modern kepada pelanggan, tetapi juga sebagai representatif dari perusahaan tersebut. Selalu ada kesan yang dirasakan pelanggan ketika menggunakan chatbot. Alasan itu juga yang membuat kamu harus memiliki karakteristik atau persona chatbot. Beberapa alasan lain yang menjadikan karakteristik chatbot itu penting.
- Bot dengan karakteristik akan lebih memorable sehingga mudah diingat pelanggan
- Membuat chatbot script jadi lebih mudah
- Mempromosikan brand identity kepada pelanggan
- Menjadikan percakapan lebih menarik
3. Visualisasikan alur percakapan bot
Mencegah kesalahan ketika pembuatan flow pada chatbot dapat kamu lakukan dengan melakukan visualisasi terlebih dahulu. Biasanya visualisasi ini dilakukan secara manual, menggunakan kertas atau pembuatan diagram di komputer. Kamu dapat merancang kalimat sapaan, respon, hingga penutup chat. Buat kalimat yang tidak terlalu panjang atau pendek supaya memudahkan pelanggan memahami respon chatbot.
4. Buat alur percakapan menggunakan platform bot builder
Tujuan, karakteristik, dan visualisasi chatbot sudah ada sekarang kamu bisa lanjut membuat bot tersebut secara langsung menggunakan platform bot builder. Salah satu platform bot builder yang bisa kamu gunakan untuk membuat chatbot dengan mudah ialah OCA AI. Dengan OCA AI, kamu bisa membuat chatbot lewat sistem drag and drop, mengintegrasikan dengan channel komunikasi, menghubungkan dengan human agent, hingga laporan.
Cara membuat chatbot di OCA AI
1. Buka dashboard OCA AI. Pilih menu Home, klik New Chatbot. Kemudian, beri nama dan deskripsi chatbot.
2. Rancang chatbot menggunakan Chatbot Editor. Buat flow percakapan menggunakan element-element yang telah disediakan dengan sistem drag and drop. Element tersebut ialah User Input, Bot Response, Else, JSON API, Go To Element, Send To Agent, dan End Chat.
3. Manfaatkan Chatbot Settings jika ada perubahan di dalam chatbot kamu tanpa harus mengulang dari awal.
4. Test kelancaran bot dengan menekan tombol Test Your Bot untuk mengetahui apakah fungsinya berjalan dengan baik.
5. Rilis bot kamu ke website, Instagram, WhatsApp, Telegram, dan channel komunikasi lain.
Mulai sekarang membuat percakapan bot terlihat lebih natural bukanlah hal yang sulit. Menggunakan platform chatbot builder yang memiliki sistem drag and drop bahkan bisa dilakukan dalam waktu sehari. Gunakan OCA AI untuk membuat percakapan antara bot dan pelanggan jadi lebih lancar dan natural.

Leave a Reply