
Email marketing menjadi pilihan terbaik untuk menyebarkan informasi penting atau kampanye pemasaran yang lebih menyeluruh. Saat ini memang sudah ada banyak jenis marketing yang bisa digunakan namun nyatanya memang kurang menyeluruh dan tidak efisien. Email marketing ini menarik banget untuk pelanggan yang melakukan transaksi di dalamnya.
Untuk Anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai definisi dari email marketing software dan beberapa komponen lain yang ada di dalamnya jangan lupa langsung cek semua penjelasan lengkapnya di bawah ini!
Apa itu Email Marketing?

Banyak yang sudah familiar sebenarnya dengan bentuk dari email marketing ini atau bahkan Anda sudah sering mendapatkannya dari promosi brand lain? Email marketing merupakan sebuah strategi kampanye untuk kebutuhan pemasaran digital yang ditujukan langsung pada pelanggan melalui pesan dari email jadi tanpa perantara.
Nantinya si pelanggan ini akan langsung menerima promosi yang dimaksud mulai dari layanan dari pesan seluler, diskon dan juga promosi lain yang ingin disebarkan. Selain untuk kebutuhan promosi email marketing ini juga digunakan untuk menunjang loyalitas dari pelanggan yang datang. Dengan adanya dukungan ini membuat jalinan email marketing dan pelanggan bisa lebih baik.
Selain itu dengan menggunakan email marketing juga menumbuhkan segi kesadaran terhadap merek maupun brand awareness yang lebih baik. Sehingga jangkauan terhadap produk maupun sasaran market yang baru juga lebih efisien.
Mengapa Harus Menggunakan Email Marketing?
Saat ini memang sudah banyak pilihan yang bisa Anda gunakan untuk menunjang kebutuhan marketing yang bagus. Hanya saja ternyata banyak orang yang masih fokus atau bahkan kembali menggunakan email marketing mengingat kegunaannya yang lebih efektif untuk digunakan. Ada sekitar 72 persen orang merasa konten marketing yang didapatkan dari email memang lebih efektif.
Selain itu nilai engagement yang diberikan juga lebih tinggi dan stabil dibandingkan dengan pemasaran dari media sosial atau saluran lainnya. Dari data tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa email marketing ini bagus banget untuk meningkatkan sisi engagement sehingga pengguna bisa lebih tertarik untuk melakukan pembelian.
Mengenal Jenis-Jenis Email Marketing
Email marketing memiliki beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan tujuan dan juga tipe penggunaan di dalamnya. Adapun untuk jenis-jenis lengkap dari email marketing yang dimaksud bisa langsung cek semuanya lengkap di bawah ini!
- Promotional Emails
Jenis pertama yang perlu Anda tahu adalah email promosi. Promotional emails ini bisa menjadi cara yang lebih efektif untuk meningkatkan segi penjualan, penawaran dan juga pendaftaran pada bisnis yang Anda jalankan. Dengan adanya email promosi ini maka cakupan penawaran yang diberikan juga akan lebih memikat dan mendorong pembelian lebih signifikan.
Anda bisa menggunakan promosi email untuk memberikan penawaran eksklusif pada beberapa pelanggan yang memang berhak mendapatkannya. Contohnya untuk pelanggan tetap atau pembeli yang biasa beli dalam jumlah banyak sehingga mereka merasa lebih spesial. Tujuannya untuk membangun loyalitas yang lebih tinggi.
- Retention Emails
Retention Emails atau email retensi menjadi jenis kampanye email yang tujuannya untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Caranya adalah dengan mengirimkan pesan berupa umpan balik maupun penawaran sehingga menghasilkan sebuah interaksi pada pelanggan tersebut. Cara ini akan membuka komunikasi dua arah yang lebih baik nantinya.
- Acquisition Emails
Jenis email ketiganya adalah Acquisition Emails yang menjadi cara paling cocok untuk mengubah prospek maupun tujuan melalui konversi yang lebih cepat. Selain itu penggunaan Acquisition Emails ini juga bisa membantu proses pengembangan bisnis sehingga mendukung dorongan dari target maupun pendapatan yang diberikan.
Target ini disesuaikan dengan minat dan juga tawaran bisnis terkait sehingga hubungan pelanggan dan penyelenggara bisnis bisa berjalan lebih baik.
- Email Newsletters
Berikutnya ada yang namanya Email Newsletters untuk memberitahukan informasi dan menambah pengetahuan penting pada pelanggan. Untuk tipe yang satu ini Anda memang harus mampu membuat konten yang lebih menarik termasuk juga memasukan pengumuman tentang layanan baru, petunjuk, opini maupun informasi lain yang menyenangkan.
Dengan bantuan Email Newsletters ini Anda bisa mendapatkan hubungan yang lebih bagus dengan pelanggan begitu juga dengan tingkat keterlibatan pelanggan dan juga retensi sehingga loyalitas pelanggan akan lebih baik.
Cara Membuat Kampanye dengan Email Marketing yang Efektif
Untuk bisa mendapatkan email marketing yang efektif nyatanya Anda harus menggunakan beberapa cara penting sehingga sasaran serta tujuannya bisa tersampaikan dengan baik. Adapun langkah-langkah yang dimaksud bisa langsung cek semua penjelasan lengkapnya di bawah ini!
- Pilih OCA Sebagai Penyedia Email Blast yang Terpercaya

Tips paling krusial pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih dulu layanan penyedia Email Blast yang terpercaya. Untuk rekomendasinya Anda bisa menggunakan OCA yang sudah terjamin mengenai efektivitas dan juga keamanan data di dalamnya. Jadi tingkat penyebaran informasi lebih akurat tanpa perlu takut terjadinya kebocoran data.
OCA mampu memberikan solusi CRM dari berbagai platform pendukung, salah satunya adalah email. Anda bisa lebih mudah dalam membuat pesan custom yang dipersonalisasikan pada semua alamat email calon pelanggan. Dengan begitu Anda bisa langsung terhubung pada satu kotak masuk dan mudah untuk menanggapi semua pesan yang sudah ada di sana.
Bagusnya OCA sebagai email marketing software ini menawarkan obrolan dengan bot untuk menanggapi beberapa pertanyaan yang memang sering muncul apalagi di luar jam kerja Anda. Dengan begitu pelanggan tidak perlu lagi menunggu dalam waktu lama. OCA juga memudahkan Anda untuk melakukan manajemen kontak sehingga tidak terkesan seperti pesan salinan atau robot.
- Buat Tujuan yang Ingin Dicapai
Dalam membuat dan mengirim email marketing Anda perlu memperhatikan juga beberapa tujuan yang akan digunakan di dalamnya. Beberapa contoh yang bisa menjadi gambaran bisa langsung cek di bawah ini!
- Mengembalikan pelanggan yang awalnya aktif membeli namun beberapa akhir ini mulai menurun pembeliannya.
- Meningkatkan keterlibatan pelanggan ke dalam brand yang dibangun.
- Menyambut pelanggan baru yang akan bergabung untuk menikmati produk maupun jasa.
- Tentukan Tipe Engagement yang Dibutuhkan
Selanjutnya email marketing tools ini juga harus disesuaikan mengenai tipe engagement yang dibutuhkan. Dengan begitu Anda bisa membuat rancangan yang lebih personal mengenai penggunaan email terkait sebagai berikut!
- Email yang digunakan untuk survey berisi ulasan atau feedback.
- Email yang digunakan untuk memancing pemilik email melakukan subscribe lebih lanjut dan menjaring konsumen yang memang tidak tertarik sama sekali.
- Menarik daya emosional yang membuat mereka merindukan branding tersebut.
- Email yang digunakan untuk menawarkan potongan harga atau hadiah sesuai transaksi terakhir.
Anda bisa langsung berlangganan OCA untuk mendapatkan kebutuhan komunikasi marketing yang lebih bagus dan menyeluruh. OCA cocok digunakan untuk skala bisnis baik yang kecil maupun yang besar dengan biaya langganan yang ramah di kantong!

Leave a Reply