Kalau bisnis kamu berjalan menggunakan website, live chat bisa menjadi pilihan channel yang bisa digunakan oleh semua skala bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan.
Menambahkan channel untuk pelanggan berkomunikasi melalui website akan memudahkan mereka untuk bertanya sebelum membeli, menjadwalkan meeting, atau customer support.
Tentang Live Chat
Live chat adalah channel komunikasi di dalam website yang menghubungkan bisnis dengan pelanggan secara real-time. Dari sisi konsumen, mereka mendapatkan jalur untuk berkomunikasi dan bertanya saat membrowsing website atau berbelanja.
Untungnya bisnis menggunakan Live Chat
- Merespon pelanggan lebih cepat saat mereka bertanya dapat menentukan apakah kamu mendapatkan atau kehilangan leads atau sales. Bayangkan kalau kamu harus memilih saat berbelanja online, bisnis yang merespon dalam hitungan detik atau menunggu lebih dari 5 menit?
- Kepuasan pelanggan akan naik dan menjadi positif jika bisnis membalas pesan cepat tanpa membuat mereka menunggu. Pelanggan akan memilih membeli ditempat yang memberikan mereka pelayanan terbaik.
- Meningkatkan pembelian jika kamu tidak kehilangan pelanggan hanya karena saat mereka bertanya namun bisnis tidak memiliki channel yang ada diwebsite atau membalas dengan lama.
- Mendapatkan data customer behavior dengan menganalisis interaksi mereka di live chat dan memahami kesulitan dan masalah yang sering dihadapi pelanggan agar bisnis dapat meningkatkan kualitas produk atau layanan.
6 Fitur Penting OCA Live Chat Widget
Jika kamu belum tahu cara memiliki widget live chat untuk website atau bingung memilih penyedia layanannya, mungkin kamu akan tertarik menggunakan OCA. Selain karena mudah dibuat kamu juga mendapatkan fitur-fitur terbaik.
Buat welcome messages
Yang dibutuhkan pelanggan ketika chat adalah respon cepat, dan fitur Welcome Message bisa melakukannya secara otomatis. Saat melakukan pengaturan Live Chat, kamu perlu menambahkan Welcome Message yang secara otomatis dikirimkan ke pelanggan saat mereka mulai menggunakan Live Chat. Setelah Welcome Message dikirimkan obrolan didalam Live Chat akan langsung terkirim ke dalam inbox di dalam OCA Interaction.

Isi form langsung di live chat
Jika kamu ingin pelanggan mengisi form seperti nama, email, dan nomor telepon dan menjadikannya sebagai leads, maka Collect Basic Info adalah fitur yang kamu butuhkan.

Atur tampilan live chat
Kamu bisa mengubah tampilan dari Live Chat yang kamu pasang sesuai dengan branding yang bisnis kamu miliki. Buat tampilan yang menarik dan sesuai dengan website atau aplikasi dengan mengatur beberapa hal berikut:
a. Warna widget live chat
b. Warna font
c. Foto avatar
d. Posisi live chat dalam website

Cek tampilan live chat
Sebelum mengimplementasi Live Chat, kamu bisa melihat preview dari tampilan dan welcome message yang telah dibuat.

Bisa terhubung dengan chatbot
Jika kamu memiliki chatbot yang dibuat menggunakan OCA AI, kamu bisa menghubungkannya ke widget Live Chat OCA. Menggabungkan Chatbot dengan Live Chat akan membantu pelanggan mendapatkan respon yang cepat dan otomatis bahkan menjawab semua pertanyaan pelanggan.
Terintegrasi dengan channel komunikasi lain
Live Chat OCA yang kamu buat juga akan terintegrasi dengan channel lain di Omnichannel Inbox OCA Interaction. Untuk mempermudah pekerjaanmu bisa membalas semua pesan dari semua channel termasuk Live Chat yang sudah terpasang.

Dapatkan Promo Spesial Bulan Ini
Jika menggunakan OCA Live Chat sekarang, kamu akan mendapatkan promo PEMUDA OCA yang berlaku hingga 10 November 2023.
- Gratis 1 bulan Lisence OCA Interaction
- Gratis Lisence User Setiap Transaksi di Website
- Voucher potongan 8% menggunakan Kode Voucher “PEMUDAOCA”
Keuntungan tadi bisa kamu dapatkan dengan mudah mengikuti langkah berikut:
- Registrasi akun di ocaindonesia.co.id
- Melakukan transaksi minimal Rp500,000
- Menggunakan kode voucher “PEMUDAOCA”
Cara mendapatkan snippet code widget Live Chat
Jika kamu sudah melakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhamu, maka kamu hanya membutuhkan snippet code untuk dipasang di website yang kamu pilih.
1. Pada dashboard OCA Interaction pergi ke Setting > Channel > Live Chat

2. Pilih Add Live Chat

3. Isi nama, header, dan welcome message.

4. Atur tampilan widget live chat

5. Copy snippet code ke semua page dari websitemu lalu klik create live chat

Gunakan OCA Live Chat sekarang
Live Chat bisa jadi pilihan channel yang memudahkan pelanggan untuk bertanya ketika berada di website mu. Dengan Live Chat kamu dapat meningkatkan kepuasaan pelanggan dengan membalas lebih cepat, memudahkan efisiensi dan produktivitas tim customer service, dan secara tidak langsung meningkatkan penjualan hingga konversi.
Kuncinya adalah memilih Live Chat dan platform yang bisa meningkatkan kinerja komunikasi mu sebagai bisnis dengan pelanggan. OCA Live Chat dan OCA Interaction adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan kualitas komunikasi pelanggan dengan bisnismu.

Leave a Reply